Jumat, Oktober 10, 2008

It's me.....WITHOUT YOU

Udah hampir seminggu ini saya kehilangan seseorang yang sangat berarti buat saya......sumpah belum percaya rasanya kalo "DIA" benar2 udah pergi dari kehidupan saya.......

Masih terbayang sosoknya yang lugu,apa adanya, pokoknya belum bisa menghapus semua kenangan saya tentangnya.....

Kehilangan siapa sih loe?.....

Kehilangan PEMBOKAT tau nggak sihhhh!!!!!!!

Beneran deh saya sebenernya sedih banget di tinggalin sama si mbak yang satu ini, rasanya kayak orang patah hati...SUMPAH....

Mau tau nggak gimana hari2 saya setelah si Mbak pergi?.....

Tiap hari saya bangun jam 4 pagi......trus masukin cucian yang malam sebelumnya udah saya rendam dan saya sikat bagian2 yang kotor ke dalam mesin cuci....sembari menanti cucian selesai, saya nyapu bagian dalam rumah dan di lanjutkan dengan senam lantai alias ngepel!!!!

Kira2 jam 5.30, saya memandikan anak sulung saya, menyiapkan perlengkapan sekolahnya dan yang paling saya benci "ngasih makan" anak saya.....saya benci karena nyuapin anak sulung saya bukan perkara gampang, bisa habis waktu saya hanya untuk nyuapin dia, bayangin aja saya nyuapin dari jam 6 pagi, sementara dia masuk jam 7 pagi, jadi saya cuma punya waktu setengah jam untuk nyuapin dia, dan tau gak setengah jam itu cuma dapat kira2 3 atau 4 suap!!!! Bayangkan!!!! Waktu yang mepet ini saya sambi buat menyiapkan keperluan suami saya pula......

Jam 6.30 pagi saya ngantar anak ke Sekolah dan di lanjutkan dengan ke Pasar untuk berbelanja lauk pauk dan sayur mayur.....pulang dari pasar kira2 jam 8 pagi, saya jemur pakaian yang sudah di cuci, trus di lanjutkan dengan menyapu halaman rumah saya......duhhhhhh

Kira2 jam 8 atau jam 8.30 anak bungsu saya bangun, dan saya mesti membuatkan susu, memandikan, ngasih makan dan mengawasi dia,karena kalo saya lengah sedikit aja anak saya pasti lari ke jalanan (rumah saya terletak di pinggir jalan raya).....

Sembari ngasuh si bungsu saya mesti masak, kebayang gak gimana rasanya masak sambil di recokin sama anak yang lagi lasak2nya?....saya motong2 sayuran, dia mendekat dan ikut2an mau motong2...saya goreng2 makanan dia manjat2 ke dekat kompor mau ikut2an goreng juga...duhhhhhhh kapan selesainya kalo kayak begini?.....kadang2 daripada anak saya kena pisau or kecipratan minyak mendingan kegiatan masak memasak saya stop aja.....dan akhirnya saya malah main sama anak bungsu saya.....

Jam 11 siang jadwalnya nyetrika baju2 hasil cucian kemarin....lagi2 tugas ini gak bisa sepenuhnya saya kerjain karena lagi2 di recokin sama si bungsu...daripada dia kena setrum or kena setrikaan panas mendingan saya stop deh......kacau!!!

Jam 12an jadwal tidur siang anak saya, biasanya habis itu saya baru bisa nerusin masak dan akhirnya masakan baru siap sekitar jam 1 siang....wahhh bakalan kurus nih saya karena tiap pagi nggak sempat sarapan ato malah kurang gizi karena sarapan gak jauh dari indomie dan indomie lagi hahahahaha.....

Kelar masak buru2 deh saya mandi.....baru aja narik napas dikit, eh si sulung pulang sekolah yang artinya saya mesti ngasih makan lagi!!!! Ampuuuun......
Trus dilanjutkan dengan membantu si sulung ngerjain tugas2 sekolahnya.....

Apa udah bisa santai?.....


Ya belum lah karena si bungsu bangun dari tidur nya dan kali ini saya alamat jadi ibu tiri karena 2 anak saya kalo udah ketemu bawaannya kayak kucing dan anjing alias gak pernah akur!!!

Waktu terus berjalan dan tau2 udah sore aja....saya mesti bersih2 rumah lagi, nyiramin kembang,mandiin 2 anak saya,pokoknya judulnya sibuk berats!!!!!

Lepas maghrib, anak2 main sama Papanya...dan saya ?.....Ngelanjutin nyetrika baju dong ahhhhh.......
Habis itu....saya TEPAR dan tidur kayak orang mati saking capeknya.....

Trus kapan ngeblognya?....
.

Kira2 jam 1 malam biasanya saya suka kebangun dan susah tidur lagi...di situlah saya sempetin buat ngeblog hehehehe......makanya jangan heran ya kalo saya jarang up date blog....saya lagi sibuk berats nihhhhh.....hahahahaha

Duh sumpah deh saya salut buat para PRT, saya ngaku deh kalo saya tuh butuh kalian.....banget!!!! Bukannya manja ya, tapi coba aja rasain sendiri gimana rasanya hari2 kayak dikejar2 cucian,setrikaan,dll.............GOD!!!!

Saya pengen teriak nihhhh....AAS BALIKKKKK DOOOOOOONG......

61 komentar:

bagus mengatakan...

busyeeet..bacanya aja aku dah pusing mba apalagi yg ngerjain hahaha..

poppy mengatakan...

Nikmatin aja mba...kan mumpung belum dapet yg baru...hehehe...

Gile..bisa langsing dong bok...kan jadi wanita sibuk sekarang :P

Kok ga di laundri kiloan aja baju2nya? kan jd lbh ringan. Trus ngapain masak? bukannya lebih praktis beli atau ketringan ajah :D

indah sitepu mengatakan...

ambil positifnya mbakk... cieehh sok wise bgt ga Indah hehehhehe

cara jitu nurunin berat badan

cara mantap melatih kesabaran

dan cara yang benar untuk menyadarkan kita betapa kita membutuhkan mbak2 itu.

Kita?? ahhh mbak Novi aja kalee yahh..
saya masih ngekost kok hehehhe

Onik mengatakan...

aduh, nov... aku jd bisa merasakan capeknya dikau dari ibu RT tulen tanpa pembokat! ngga cepet2 ambil pembokat baru aja?

Marshmallow mengatakan...

jeuuungg...
baca posting kali ini aku menitikkan air mata, sumpah!
begitu mulia hidupmu sebagai seorang novnov pembokat seksi.

dan ada yang ketinggalan deh kayaknya, sebelum bobok kan masih tugas diboboki dulu, toh?
haddduuuhh... from sumur to kasur, from dapur to... kasur lagi.
(kok gak diceritain bagian tugas yang itu?)

doaku menyertaimu, jeung.
(aku emang sedih blog situ jarang update sekarang, nov)

ariefdj mengatakan...

hehe.. lha, kan Surga di Bawah Telapak Kaki Ibu itu bukannya tanpa sebab lho... *mbayangin mBak Novi lagi jadi OSHIN.. ngepel.. nyetrika..dst..*..

Fenty Fahmi mengatakan...

Ahhh ... emang repot ya gak ada pembantu ... baru kerasa, kita butuh banget pembantu :(

gendhis mengatakan...

Aduuhhh Mbaakkk, bacanya aja repot, gimana ngerjainnya tuh???! Tapi iya loh, siap atau Mbak Novi jadi lebih langsing tanpa harus diet deh.. Semangaaaatttt!!! :D

sisesu mengatakan...

welcome to my club...honey.....

Long Ai Tian mengatakan...

@ bagus : coba aja kamu rasain deh..dijamin kena vertigo!!!

@ poppy : ini juga udah turun 3 kilo...maunya laundry kiloan tapi di jambi kagak ada..payah ya!!! kalo beli yg jelas lebih boros dan hubby maunya eike yg masak...

@ indah : ngeledek nih critanya?...pastinya akan di ambil hikmahnya...tau nggak apa hikmahnya?..Ibu rumah tangga sejati itu ternyata adalah pekerjaan paling sulit dan paling mulia di dunia...EHM!!!

@ onik : susah nik nyari pembokat disini, apalagi yg kerjaannya bener2 OK, kayak nyari jodoh deh...

byme mengatakan...

Oke deh ntar cari lagi
tapi sekarang buat belajar kehidupan yang tanpa pembantu, belajar untuk tahu pekerjaan mereka jadi ntar kita bisa lebih mengharrgai kehidupan kita ini.
kalo orang itu pernah susah ketika senang dia akan merasakan kenikmatan yang luar biasa
byme

Long Ai Tian mengatakan...

@ marshmallow : *kasih tisu dulu*
kenapa sedih bu dokter?..gak tega ya mau ngetawain eike?..hahaha..btw emang berasa bgt lho beratnya, dan masalah dapur, sumur, kasur udah pernah aku bahas kok di postingan yg lama dulu hehe...biarpun cuma Ibu RT aku gak mau lho kalo di bilang kodratnya perempuan tuh cuma di dapur,sumur,kasur...NO WAY!!!
Btw kan nggak setiap mau bobok di bobokin dulu bu...bisa lecet atuh hahahahahahaha

@ ariefdj : makanya jangan suka mainin perempuan, ntar masuk neraka lho hahahaha, btw kalo oshin sih masih cakepan..ini mah INEM

@ fenty fahmi : hehe iya mbak, makanya aku lebih suka nyebut pembantu tuh asisten rumah tangga, karena emang kerasa bgt kalo mereka adalah tangan kanan kita hehe

@ gendhis : ngerjainnya yg pasti super rwepot....ini juga dibikin semangat say biar cepet kurus hahaha

Long Ai Tian mengatakan...

@ sisesu : yuuuk mariiiii

@ byme : duhh saya mah dari kecil sampe married malah gak pernah punya pembantu....ini namanya back to basic....kayaknya ribet deh kalo nyari lagi, mesti penyesuaian dari awal lagi...huh..ya dinikmatin ajah lah...

Brokoli sehat mengatakan...

Bu, kalo nanti ada robot yang bisa melakukan seeeegala hal, terutama kerjaan rumah tangga. Lu pilih robot itu atau pilih masih tetep punya asisten rumah tangga?

serdadu95 mengatakan...

Jadihh sudah bisahh go-publik dong..??! Ngomong2... taripnya nyapu2, nyuci plus setrika tapi kalo sore pulang... berapa yakk ??
(*Mode: 'ngakak' ON*)

fatamorgana mengatakan...

wah, senasib dong kite! aye juge baru ditiggal pembantu. Udah 4 taon lebih lho ngebantu2 aye. hiks hiks...hiks...sekarang aye jadi repot ni. bingung mau cari yang bagus kaye die. suseh! AKAN TETAPI....kite harus tetap semangat! Semangat apa? SEMANGAT CARI PEMBANTU!

fatamorgana mengatakan...

bu, aye udah ngasih koment nih. tapi belum bise muncul ye? boleh usul gak? gimana kalo pake haloscan? biar langsung gitcu.
Btw, thanks ye udah mampir ke rumahku.

lovepassword mengatakan...

Jadi PRT ternyata emang berat yah??? Aku sampe terharu. Bukan terharu dengan PRTnya sih, terharu membayangkan anda yang sibuk seharian. Hi Hi Hi

FATAMORGANA mengatakan...

Jadi bu RT emang GGS (gampang-gampang susah) ya? Tapi, beneran lho! bisa ngurusin body tuh. Jadi, gak perlu fitness, senam, dll.

Sabar ya, jeung! Nanti juga dapat pembantu baru. Atau, udah dapat nih?

Denok mengatakan...

haha..kasian mbak novie..
kalo denok mah..tiap hari jg jadi pembokat, apalagi pas lebaran..busyet deh...istirahat pas bobo malem doang..semangat mb..btw si Ass udah balik kan??

FaNZ mengatakan...

ngeri yak without you nyah :D

TiaR IndaH mengatakan...

hahahhaha.....

been there mbak. jaman kuliah dulu, waktu nggak ada pembantu saya musti ampe bolos kuliah demi nyetrika, nyapu, ngepel, nyuci and anter jemput adek2 saya sekolah-tempat les-rumah. belom lagi teriak2 nyuruh mereka makan, bikin pr and minta ngebantuin cuci piring.

old time memories...

icHaaWe mengatakan...

waaahh.... kelimpungan gituh yah gak ada pembantu.

aku alhamdulillah.. dah terbiasagak pny pembantu, jd gak puyeng2 amat.

abis lebaran, keknya banyak ibu2 yg pembantunya gak balik..kasian beneer :P

Felicity mengatakan...

Waduh mbak, kita samaan neh, nggak bisa sering2x update blog karena kesibukan. Hmmm, dari cerita di atas, kebayang deh betapa sibuknya dirimu menjadi perempuan 'multi-tasking. Salut.

Jangan lupa tetep jaga kesehatan, minum multi-vitamin yah... Wish you all d best! Salam manis dari Oslo yang semakin dingin :)

Novee mengatakan...

cian amat bu..
ga kebayang deh kl kejadian ky gituh.. secara dirikuh paling hobi leha2.. gyahahaaa.. ketauan deh!

elys welt mengatakan...

orang jerman nggak biasa sih punya pembantu , mahal booo .. bayarnya per jam, bisa bangkrut deh, jadi di sini biasa apa2 sendiri, beryukur deh yang punya pembantu

pakde mengatakan...

Terus Bowlingnya Gimana? Jangan2 Semangka di bikin Bowling nih saking suntuknya...

kidungjingga mengatakan...

what a wonderfull mother....! heheh... daripada ikutan pusing mikirin kerjaan mba novnov... mending muji mba novnov aja deh..... (ga semua perempuan bisa nglakuin itu kan mba... jadi nikmatin aja jadi ibu yang luar biasa... :D )

dwi mengatakan...

hohohohoho... kebayang deh Nov.

Makanya, gue wanti wanti ma swami... nggak mau tinggal di Eropa. Nggak mampu punya pembantu soalnya disana.

Ey, jenk.. loe blanjanya 3 hari skali aja. khan ada kulkas. Masak juga. Jadi tinggal angetin aja :-P. Trus, anak loe ke skolah bareng om Pol. Atau ikutin anter jemput. Lumayan tambah waktu buat loe bu.

Mandiin anak sore sore bisa di oper jadi tugas papanya. Juga siram bunga, sapu halaman. Berbagi tugas domestik, judulnya.

Hihihihi sedikit tips dan tricks dari gue yang kalo tiap mudik ke kampung swami mendadak juga nggak punya pembantu :-P

Long Ai Tian mengatakan...

@ brokoli sehat : pilih robot kaliii yeeeee biar gak gatel pengen pacaran or kawin hahahahaha

@ serdadu95 : duhhh kita mah yang kelas atas mas...jadi tarif nginep or short time sama mahalnya hahahahaha

@ fatamorgana : semangat deh...btw kalo nyari yg bagus emang susah bener deh...rata2 sih suka kayak gak niat kerja gitu..btw masa sih susah komennya?...tapi udh muncul kok...mksh yaaa....

@ lovepassword : duhh situ terharu...saya nya nangis nihhh hahaha

Gildo mengatakan...

Disini, di Barcelona (Spain)semua keluarga sudah biasa tidak punya pembantu semua istri2 harus kerja sendiri walaupun punya anak banyak dan istri kerja diluar.
Untung saya cuma punya satu anak saja.
Dan juga disini kebanyakan suami istri, punya anak paling banyak dua.
Tapi jangan khawatir karena Noviana pasti bisa survive.
Sabar subur.
Salam

Long Ai Tian mengatakan...

@ denok : justru itu say, dia gak mau ikut balik....makanya gue bete

@ fanz : mau nyobain gak?..hehehe

@ tiar indah : kalo belum ada anak mungkin gak masalah say, tapi berhubung ada 2 dan bengal2 makanya berasa banget repotnya hehe

@ ichaawe : daridulu juga biasa gak ada pembantu, tapi di tanah rantau, plus 2 anak kecil and kegiatan2 lain rasanya kok merana juga kalo g ada yg bantuin hehehe
iya nih masalah nasional sehabis lebaran kayaknya ya gak ada pembantu....

Long Ai Tian mengatakan...

@ felicity : perempuan multi tasking yah?..hahahahaha iya juga sih sambil ngepel,nyuapin anak and sms2an hahahaha

@ novee : sama gue juga hobby jalan2 dan sekarang terpaksa jadi tahanan rumah nih hahahahaha

@ elys welt : iya nih mbak, aku juga bingung krn dari dulu aku gak punya pembantu, tapi setelah punya kok rasanya repot banget kalo ngerjain semuanya sendiri hehehe kebiasaan kali ya?....

@ pakde : malam minggu sih masih bisa sempet2in boling hehe ato kalo udah kesel ya lempar2 gelas and panci juga jadi kok....hahahaha

Long Ai Tian mengatakan...

@ kidung jingga : duhh adem deh hati ini krn masih ada yg mau muji hehehehe

@ dwi : gue emang biasanya nyimpen stock di kulkas say, tapi skrng krn penghuni berkurang jadi banyakan yang kebuang drpd yg kemakan, duhhh mana bisa ngandelin om Pol?..secara dia aja pulangnya gak jelas gitu waktunya say....kalo nungguin dia bisa2 anak gw pada nggak mandi and kembang gue layu sebelum berkembang hahahahahaha

hidung-bertai-lalat mengatakan...

super mooooooooooom!
wanita emg bisa ngerjain apa2 skliguss!!
berbangga lah

teretekdung mengatakan...

wah repot ya jd ibu rumah tangga..ngurus rumah, masak, anak lagi.. huaaa.. jd inget masa kecil, dmana gw sering brantem sm ade gw, inget dmana nyokap gw yg urusin gw ber-2, ga pake pembantu lg..saluttt...

arqiizza mengatakan...

wahh...kita senasib mb...hiks... :(

Puput mengatakan...

pake jasa loundy mbak, gak usah strika2an dan cuci2an,

btw sekarang udah ada kan pembokatnya

warmorning mengatakan...

sekali setaon ini,
sabar ya jeung,
itung2 ngerasain apa yg mereka rasakan,
empati gitu :D
salam

cantigi™ mengatakan...

hee.. hee.. sabar & nikmatin ajah sementara.. ^_^

Ayang Cempaka mengatakan...

GOAHOAHAHAHAHAH!!*tertawa kejam dan nista**
aduhh.....waktu singleku setahun lg nih!! harus segera dimanfaatin sebelum jadinya kayak mbak novi :P

noer mengatakan...

Wuahhhhhh salut tuk mba Novi dech :P Aku pernah 3 minggu gak ada pembantu, asli... rumah udah kayak KAPAL PECAH :D Mana aku kan juga kerja kantoran, walhasil tiap pagi Riza ikut ke kantor... di taruh di tempat penitipan bayi dan balita hehehe

Jangan tanya kabar rumahku... jadinya aku SALUT dech ama mbak Nov, bisa bertahan tanpa PEMBOKAT ^_*

Dari pengalaman itulah... aku ancungin 4 jempol [termasuk jempol kaki :P ] tuk para ibu RT :))

Enno mengatakan...

halah sumpah! gue prihatin bu! ahahaha prihatin tapi gak sudi bantuin ah hehe

buruan cari pembokat baru nov, entar keburu kurus cengkring lho!

Semangatsss!!!!

Long Ai Tian mengatakan...

@ hidung- bertai-lalat : haha lucu bgt siy namanya..iya nih Ibu RT emang multi tasking hahaha

@ teretekdung : iya emang repot, dan gue juga salut ama nyokap yg g pernah pake pembantu, bahkan sampe skrg!!!

@ arqiiza : toss dulu kalo gitu deh..

@ puput :buset kalo tiap hari laundry gaji polisi yg udah minim itu bakalan cuma abis buat laundry dunks?..hahaha...sampai detik ini blum ada pembantu....

Long Ai Tian mengatakan...

@ Gildo : hehehe pasti bisa kok om...cuma belum terbiasa aja...

@ warmorning : huhuhu kata sapa setaon sekali?..ini bakalan lama nih krn di Jambi nyari pembantai tuh susah bener...yah tapi mo gmn lagi?...

@ cantigi : sabar mah pasti...kalo nikmatin sih gak janji hahahahaha

@ ayang : RESEEEEEEEEHHHH....puas loe ya ngetawain mbak mu yg lagi kesusahan....hmmm liat aja ya ntar kalo udh jadi mommy...nikmatin deh waktu mu yg tersisa sebelum jadi tahanan rumah kayak daku hahahaha

Long Ai Tian mengatakan...

@ noer : seminggu ini sih rumahku masih rapi mbak...gak tau ya minggu2 yang akan datang hahahahaha

@ enno : duhhh enno malah ngeledek...susah no nyari pembokat disini, asli susah banget....biar deh itung2 mekanisme menjadi kurus....

kenny mengatakan...

awal2nya emang ke' gitu klo gak ada pembantu soalnya blm terbiasa ama jam terbangnya (emang pilot). Sebisanya pengin beres semua tms ngurusin anak (prioritas nih jeng)tp ntar bisa jg kog(tp gak pasti sampe brp lama :D).

Yang penting enjoy aja klo ngerjain kerjaan rumah, klo ngerjain pake kemrungsung malah capek dibadan dan pikiran.

Chic mengatakan...

hahahahaha.. kebayang.. kebayang..
Vio yang masih bayi aja bikin kerepotan setengah idup saya... hihihihi

untungnya sekarang udah pulang si Mbak... hehehehe

natazya mengatakan...

bu bu bu

maap lahir batin :D

*tlaaaat banget heuheuehueh

dudududududu

manusia jaman sekarang sekali sih ketergantungan pada pembantu :lol:

*sama aja ma yang ngomong

ga make pembantu di rumah cuma tahan ga sampe setengah taun karena akhirnya semua merasa paling sibuk sendiri sedunia dan ga ada waktu ngurusin rumah... susah deh kalo egois! euheuheuhe

skarang udah ga sesibuk dan seingin tepar kaya orang mati lagi kan bu??? huhuhuhu

yossy hamdan mengatakan...

Bener deh, kemaren aja pembantuku baru balik setelah 2minggu mudik, rasanya lama banget, soalnya libur lebaran cm 1 minggu plus urus anak 3org, suami 1, itu aja minus nyuci+setrika+masak.. bener2 jaga urus anak aja tok, tp BB langsung mlorot 3kg, bener2 gak napsu makan..

pimbem mengatakan...

walah mbak... ga usah pitnes ngerjain kyk ginian tiap hari bodynya dijamin semok deh hahaha!!

Long Ai Tian mengatakan...

@ kenny : bener bgt, kalo ngerjain sendiri emang maunya semua serba perfect jadinya ya begitu deh rasanya 24 jam gak cukup....

@ chic : duhh enak bener deh mbak nya vio mau balik lagi....

@ natazya : maap lahir batin juga non...iya nih rasanya mulai adicted to bedinde deh hahahaha...kata sapa gak sesibuk dan seingin tepar?...asli ini tinggal tepar beneran!!!

@ yossy hamdan : hahahaha tuh kan beneran kan kalo gak ada si mbak mendadak nafsu makan ilang?...hahahaha, ngurus anak dan 1 suami aja repot bener kan?..makanya aku gak mau punya suami lebih dari 1 hahahahaha

@ pimbem : tul bgt, ini udah mengencang di bagian2 tertentu kok hahahaha

juliach mengatakan...

Aku sudah lama tidak punya pembantu, tapi kagak sebegitu ribet kayak Novnov. Gampang sih:

* anak sulung:
- harus stop disuapin. bukan kebiasaan baik. apalagi dia min sudah kelas 3 SD. siapkan aja makanan dan biarkan dia makan sendiri. jika tidak habis, tak apa, namun jangan diberi kue/permen/uang jajan. jika lapar pasti setiap kali jam makan, dia akan makan sendiri
- biarkan dia bikin pr sendiri, ibu hanya perlu memeriksa saja.
- jika sudah umur lebih dari 7th, sebaiknya sudah menyiapkan makanan sendiri dan membuat susu sendiri.
* anak bungsu:
- seperti anak sulung, biarkan dia minum susu/makan sendiri. Anakku sejak umur 1 tahun sudah melakukannya sendiri. Biar tidak kemana-mana berlepotannya, pakai kursi khusus bayi (ada pengikatnya)
-pastikan colokan listrik tertutup aman/dijauhkan dari jangkauannya
- tutup dapur dengan pintu berjeruji (pintunya setinggi dengkul aja) jadi dia bisa melihat ibu masak tapi tidak bisa masuk
- bisa dibiarkan beberapa saat dia bermain sendiri. anak perlu juga otonomi. tapi jangan lama-lama. Bisa main dulu dengan anak lalu ditinggal masak atau sebaiknya.
*anak-anak:
-sebelum tidur, mintalah mereka memasukan mainan ke dalam kotaknya
-setelah makan/minum susu, mintalah mereka menaruh piring/botol susu ke tempat cuci piring
-utk tidur malam, tak perlu dikeloni. Sebaiknya masing-masing anak mempunyai kamar sendiri.
*utk keluarga:
- masaklah yg sederhana dan sesimple mungkin, mis: sup (sudah ada daging dan sayurannya)
- pakailah alat food processor
- pastikan waktu masak maksi 1 jam/tak lebih
- setrika pakaian yg perlu saja, pakaian dr kaos/daster/pakaian dalam/celana jeans tak perlu diseterika. Cukup sebelum dijemur dikebet habis, pastilah sudah rapi, jikaz kering bisa langsung dilipat dan masuk lemari.
- menyapu/ngepel, sebaiknya dilakukan sebelum tidur malam. Jika capek, mintalah bantuan suami utk melakukannya.

Selamat mencoba

Menik mengatakan...

huehehehehe :P
bener2 can't live without ya ?
ternyata dia tuh dicintai saat dia sudah tak ada :P

Salam kenal Mbak :)
Makasih dah mampir ke saung saya :)

Long Ai Tian mengatakan...

@ juliach : sayangnya anak sulung saya baru 5,5 thn mbak...dan walaupun nggak dikasih uang jajan tapi tetep aja nggak pernah minta makan, lama2 khawatir sendiri kan ngeliatnya....kalo yg bungsu sih udah minum susu sendiri tapi tetep aja yg buat kan mesti mamanya ..kalo dibiarin buat sendiri ntar malah kena air panas, repot dong mbak....dan anak2 saya gak ada yg mau makan di kursi baby mbak, makanya repot kan?...
trus kalo soal tidur hehe berhubung ini rumah dinas, jumlah kamar terbatas mbak jd g bs punya kamar masing2, selain itu mereka jg pada belum mau tidur terpisah dr ortu, yg lain2 sih aku rasa OK tuh mbak...oiya btw nggak bisa ngarepin bantuan Bapaknya berhubung jam kerja yg nggak pasti hehehe.....
eniwei thanks for sharing lho mbak...

@ menik : hehe belum terbiasa kali ya nik...makasih juga udh dateng and salam kenal...

try mengatakan...

salut deh!
sabar aja jeung, lama2 juga bakal enjoy pasti. Itulah novnov,ibu sejati cieehh...:D

INDAH REPHI mengatakan...

wah mbaak..semangaat doong! jangan mw kalah sm PRT :D
mbak, ibu saya walo kerja kantoran juga masih sempet ngurusin saya&kakak saya yg super bandel, masih sempet ngeberesin rumah, nyuci, masak, ngurus suami.. ibu ga pernah ngeluh loh mbak ..dan itu dikerjakan sendiri.. pembantu cuman bwt belanja dan ngasuh saya& kakak *wkt masih kecil* sewaktu ibu saya kerja :)

nanzzcy mengatakan...

huuuaaa...
bener2 ibu yg tangguh deh mba
semangat yaaa....

nanzzzcy mengatakan...

eh, ketinggalan..
pertanyaan gw adalah trs jatah suami kpn nih?? hihihihi...

Long Ai Tian mengatakan...

@ try : hiks..ini udah sabar kok jeung..kan mau jadi ibu yang baik dan benar

@ indah repi : ibuku juga samasekali nggak pernah pake PRT say, bahkan sampai sekarang di rumah masih ada baby usia 2 bln, anak adikku yg bungsu, juga ibu yg ngusrus, nggak ngerti deh ibu2 kita tuh kok kuat2 bener ya, beda sama kita2 ini....btw udh nyobain belum hidup tanpa PRT hahaha

@ nanzzzy : hehe ya begitu dech....btw soal jatah swami mah secapek2nya harus disempet2in dunks..itung2 kan bonus hahahaha

dewi mengatakan...

whew!!....
bisa ngerasaian capeknya deh mba....
lha wong cuman ngurus rumah ndiri aja, belum sama anak en suami (mauuuu... :-D ), udah bikin capek bin gempor kok...
palagi dengan seabrek urusan kek githu..
well, ibu rumah tangga emang "profesi" rrrruaarrr biasa!!!