Sabtu, September 06, 2008

Pernah Nggak?........

Masa-masa ABG saya emang indah banget deh....suka ketawa sendiri kalo inget kelakuan ajaib,sedikit norak dan malu2in yang sering saya lakukan dulu......

Salah satu kelakuan norak saya adalah ngefans sama artis2 ganteng dan ngefans nya udah dalam taraf "mengkhawatirkan" ....hahahahaha.....

Korban kelakuan norak saya :

1. Fathur Java Jive
Saya dulu CINTAAAA mati sama kang Fathur lho hahahahaha....senyumnya itu lho...muaniz...imut2 gitu tampangnya and bikin gemes.....
Nahh suatu hari Java Jive konser di Lapangan ABC Senayan, saya dan gank saya sesama pencinta Java Jive dateng deh ke konser itu, dan saya niat banget lho nontonnya...sampe persiapan bawa setangkai bunga mawar...hahahahahaha.....
Saat itu lapangan ABC udah penuh sesak deh...dan gak tau kekuatan apa yang mendorong saya sampe saya bisa nyampe pas banget di depan panggung dan bisa puas menatap wajah imut si Fathur...trus akhirnya lagu favorit saya dinyanyiin deh sama si Fathur...ada yang masih inget gak sama lagu "menikahlah denganku?"......hahahaha....udah gitu di tengah2 lagu tau2 si Fathur ngomong "ada yang mau menikah dengan saya nggak?".....
Karena kebawa suasana and lirik lagunya yang romantis, saya dengan pede nya loncat naik ke atas panggung dengan di bantuin sama penonton cowok yang saya nggak kenal (thanks eniwei) trus nyamperin si fathur....dengan sepenuh hati saya serahin tuh bunga mawar yang saya bawa and ngomong ke dia "Saya mau nikah sama kamu"...dan cup...cup...pipi saya dicium sama Fathur huahahahahahahaha......untung gak pingsan gue!!! Oh iya perlu anda ketahui, waktu itu saya baru kelas 3 SMP hahahahahaha.....Trus sepulang dari konser itu, saya sukses dibikin gak bisa tidur karena masih kebayang2 dicium Fathur dan rasanya mau mandi kok sayang karena takut bekas ciumannya ilang hahahahahaha.....

2. Tommy Page
Masih pada inget kan sama dia?...Ganteng kan?...Imut kan?...nggak tau deh dulu kok saya demen banget sama cowok2 yang "baby face" gitu ya...hahaha....
Saya tergila2 banget sama doi sampe seluruh dinding kamar saya penuh poster2 doi dalam berbagai pose kecuali pose bugil tentunya hahaha...trus saya koleksi semua kasetnya, Pin2 bergambar dirinya, pokoknya pernak pernik yang ada tampang imut nya pasti saya beli deh...
Nahhh saya girang banget waktu tau akhirnya dia mau ngadain konser di Jakarta, dan saya langsung jadi anak manis yang nurut semua omongan Bapak dan Ibu saya demi dapet ijin dan duit tentunya, buat nonton konser nya Tommy Page hahahaha.....
Akhirnya hari yang saya tunggu2 tiba juga...aduhhhhh gila Tommy Page ada di depan mata!!!! Saya sampe milih tiket kelas festival biar bisa deket2 gitu ke panggung, tapi sayang karena kali ini acaranya di Istora dan penjagaannya super ketat, saya cuma bisa memandangi dan menghayal dicium sama dia hahahahaha.....
Dan waktu itu saya nggak berani segila waktu nonton Java Jive...soalnya Alm.Bapak saya ngintil ikutan nonton.....yahhhh masa nonton konser dikawal Bapak sihhh...hahaha
Pulang dari situ saya juga terngimpi2 dan seminggu suka nyanyi2...And when you need a shoulder to cry on......
ohhhhh mas Tommy...I need your shoulder to cry on nihhhhh
hahahahahahaha

3. Keanu Reeves
Untuk si mas yang satu ini, saya sempet bikin tanda tangan yang di belakangnya saya tambahin nama "Reeves"....Jadi kalo tanda tangan or nulis nama, selalu saya tulis NOVIANA REEVES.....hahahahaha Ya ampunnnn........mas NUNU...I love U..
huahahahaha

4. Axl Rose
Masih inget kan sama vokalisnya Guns n' Roses yang keren ini?...saya juga dulu terkaing-kaing lho sama doi hahahaha...poster2,dll penuh deh di kamar, trus nambahin nama Rose di belakang nama saya........
Noviana rose...hahahahaha...
duhhh..Axl...when I look into your eyes...I can see a love restrained
huahahahaha.....

4. Jon Bon Jovi
Nah waktu si Jon potong rambut pendek, saya sempet copy paste gaya rambut nya lho hahahaha....trus bela2in nonton konsernya di Ancol dan nyaris pingsan saking berjubel nya penonton disana...saya udah ngantri dari jam 12 siang,padahal baru mulai konser jam 7 malam...hahahaha...dan adek saya yang kebetulan bisa nonton di back stage ngeledekin saya abis2an...huh rese deh doi, mentang2 nonton bareng anggota Bapak Alm. yang pada jaga disana!!!!
Jon...i wanna lay you down on a bed of roses huahahahahaha


Hayo ngaku kamu2 pernah nggak sih bertingkah kayak saya?.......

Ehhh....bukan berarti saya ngefans sama Benigno lho kalo akhirnya saya dapet suami yang (katanya) mirip Benigno hahahahahahahaha...........

75 komentar:

Anonim mengatakan...

Semua laki2 nggantheng nyang Sampiyan sebutkan... saya ndak suka. Karna Aku Laki-laki masak sehh suka Pria... hue..he...hee...
*saya suka Wonder Women*

Long Ai Tian mengatakan...

@ serdadu95 : hahaha btw suka sama wonder women or mulan Jameedong?...

Anonim mengatakan...

hehhee...aqu jg pernah mb, nge fans berat sm Madonna, waktu masih SMP-SMA gt..kamarqu jg penuh poster madonna,sampe ada yg digunting ibuqu karna keliatan pusernya,hahaha...kacaow..oya mb, URL mu aqu link di blog qu ya?boleh tho?:D

Marshmallow mengatakan...

aku pernah ngefans sama pemain family sitcom full house, john stamos.
waktu itu aku masih SD, ngefans abis sampe terbawa mimpi.
di sitkom itu kan dia jadi jesse yang ceweknya segambreng.
nah, terkaing-kaing deh liatnya, senyumnya, potongan rambutnya, lucunya.
dan aku suka cemburu gitu tiap ada cewek barunya, nov.
edan deh.

tapi teteup gak lebih edan dari situ deh, jeung!
kamu sih super duper edan kayaknya.
pake ngaku-ngaku nyonya reeves segala. idih!

dwi willimann-krisnan mengatakan...

hahahaha... sama!! gw ngw-fans ma mas Nunu juga. Sampai skarang...hihihi. Makanya,.. anak anak gue mukanya perpaduan gitu... antara gue dan mas Nunu..huahahahhaha!!

ey Nov, Benigno sapa gitu?

Anonim mengatakan...

wew..
sampe segitunya nyamperin ke fatur....
yang ada bt waktu liat video klipnya selalu utk selamanya...
soalnya gw lagi pdkt ama bintang klipnya.. ergh....

Long Ai Tian mengatakan...

@ chantee : hahaha aku gak doyan sama artis cewek (baca:sirik) hahaha...btw silahkan di link and makasih ya...

@ marshmallow : hahahaha cemburu buta dunks bu?! btw boleh dunks ngarep..kali2 ada malaikat lewat and di catet...

@ dwi : hah ?! jangan2 itu anak gue yang hilang hahahaha....benigno tuh model gitu deh tapi sekarang suka nyanyi dangdut :-(

@ woelank : ihhh namanya juga anak abegeh...kalo sekarang mah B aja kalee secara cakepan laki gw getooo lohhh hahahaha

Long Ai Tian mengatakan...

@ woelank : ups kelupaan...jadi situ pernah pdkt sama Linda Ramadanty?....hahahaha

Anonim mengatakan...

waktu saya muda saya suka sekali dengan Maria Ozawa.
Hehehehe. Nggak ding.

Long Ai Tian mengatakan...

@ kris : iya juga gpp kok hehe

piyek mengatakan...

Hehehe... Diriku dulu juga sering tergila2 sama artis.
Pas sma kan boysband lagi menjamur. Dulu nge-fans banget sama Backstreet Boys & Westlife (iiieeuuhhh...). Gengku yang anggotanya berempat bermufakat masing2 dari kita kebagian anggota boysband yang mana. Gileee benerrr... Kok bisa ya gitu... Sampai sekarang masih bingung.com. Hahahaha...

Si bulet mengatakan...

Masa ABG norak? ah pantes aja sekarang jadi norak banget!
huehehe....peace ah :P
tapi bukannya rata2 kelakuan cewe ABG mirip2 sama apa yg mba Novi lakuin? hihihi...

tere616.blogspot.com mengatakan...

Setelah diingat-ingat, iya sih pernah ngefans berat, tapi sama siapa ya ? Yg pasti sih nggak sampe senekad itu, hihihihi :-D

Poppus mengatakan...

HAhahahaha, ya olooo kok fatur sih jeng! ABEGEH itu emang yaaa tingkahnya lucu amat hahaha. Sempet ngumpulin pin-up gitu gak? kalo gw mah nge-fans banget sama Boy George, tau kan looo? ya olo, gw sakit gak sih seleranya Boy George hahahahah

Karma, karma, karma charmeleon....

noer mengatakan...

Wakakakaka segitu yang PERJUANGAN mbak Nov :P tapi lumayan tuh ada HASILNYA... kecupan dari Fathur ya??? ^_* Kalo dulu... pas SMP aku ngefans ama NKOTB hehehehe yaaa sama seperti mbak... aku ngumpulin PIN-nya... trus jepit rambut, pots card, pokoke yang berBAU NKOTB lah hihihi kalo diinget... jadi ngePINK dech...

Anonim mengatakan...

Kalo aku ngefans ama Leo de Caprio pas di Titanic ituh! aku nontonnya juga masih SMP loh.. :D
Trus ama si kriting Nico Saputra itu Mbak.. Hehehe.. kalo dipikir sekarang mah aneh aja gitu?!

Anonim mengatakan...

ngefans ama saya nga, mba ? kalo aja di tambahin HEDI NOVIANA hahahaha * lari ah sebelum dimintai tanda tangan *

Anonim mengatakan...

Heehhe, Mau ngaku juga aghh, jaman saya SMA (saya masuk SMA thn 93-an) saya ngefans berat ma anjasmara dan saya bela2in nonton PENSI sampe saya pingsan (saya bener2 pingsan) tapi saya malah dapet hikmah coz saya bisa salaman ma dia di backstage, heheheh.

Anonim mengatakan...

mbak, kalo saya sukanya sama Rizky Hanggono, dulu waktu dia maen sinetron Jomblo bela-belain nonton sinetron, padahal jarang-jarang nonton sinetron cuma untuk melihat wajah indonesianya yang ganteng itu hahahhaaha norak euy.... :P

andre mengatakan...

Kalo aku lagi nge fans ama mbak Silly. Blog nya heboh bangets seh. jadi banyak temen deh sekarang. mbak nov udah pernah lihat mbak sil belum?penasaran ni orangnya kayak gimana. *aneh ya... belum tau orang e kok udah nge fans*
blog mbak novi juga OK loh. skarang aja aku dah mulai rajin absen.he..he....*mudah2an ditanyain no rekening... Amin*

dwi willimann-krisnan mengatakan...

karena penasaran akhirnya gue browsing fotonya benigno dari internet. Iya ih... mirip...hahahaha!!

buluan gitu juga nggak Nov?

*kabuur...kaburrr!!*

Long Ai Tian mengatakan...

@ piyek : malu sendiri kan kalo inget kelakuan kita di masa lampau hahahaha

@ poppy : weizzz kalo sekarang mah norak tapi elegan...huahahaha gimana coba?!!!

@ tere616 : hahaha gue juga kalo inget jijai bajaj tau mbak!!!!

Long Ai Tian mengatakan...

@ brokoli sehat : hahahaha Boy George?!!!! Iya gue juga sempet ngumpulin pin2 gitu hahahaha berarti emang dulu tingkah kita tuh yang paling HIP di jamannya yakkk

@ noer : hehehe iya dulu tuh saya emang nekad banget....kalo sekarang disuruh begitu mah ntar dulu dehhhh!!!

@ gendhis : hehe masa lalu kan emang indah buat di kenang...ya nggak?...

Long Ai Tian mengatakan...

@ mylif3journey : ihhhhh sapa luh?!!! hahahahahahaha

@ heni : hayooo pura2 pingsan ya biar di kasih nafas buatan sama Anjas hahahaha

@ indah sitepu : eh si Rizki emang ganteng kok hehe...mukanya sok cool gitu kan hehe, aku suka tuh film dia yang sama Dian sastro...

Long Ai Tian mengatakan...

@ Andre : hehe Silly emang sinting ndre...aku belum pernah ketemu kok, and dia kan emang gak mau buka jati dirinya hehe jadi ya maap ya saya juga gak bisa cerita banyak....
Wahhh makasih kalo blog saya dibilang OK, dan makasih udah rajin absen...besok2 saya sediain recehan dehhhh.......
*jangan ngayal saya nanya nmr rekening....*

@ dwi : ihhh gokillll lu sampe bela2in ngegogle si Benigno?!!!! hahahaha mirip ya?....tapi laki gue buluan nya di daerah tertentu ajah hahahahahah

Anonim mengatakan...

Haha, kok gw banget sehhh :D... Dulu suka banget lagu Tommy Page yang judulnya 'A Shoulder to Cry On'. Selain daftar yang ada dalam tulisan di atas, sempet juga mengidolakan Johni Depp (di film 21Jump Street); Richard Gere (film 'Pretty Woman);, Bryan Adams n Kevin Costner (film Robinhood, Prince of Thieves) suara mas Bryan yang serak-serak becek itu lohhh, nggak kuku dehhh...; last but not least: Harrison Ford di film Indiana Jones.

Kalo yang terakhir ini memang my first love ever dahhh... sampe berharap mempunyai suami kelak seperti mas Indy yang berkacamata, smart, adventurous dsb...dsb...(ehhhh...kok bisa juga dapet yahhh, terima kasih ya Tuhan atas segala nikmat yang Kau berikan :D)

Long Ai Tian mengatakan...

@ felicity : hmmmm perempuan muda (baca: abegeh) ternyata emang kelakuannya sama ya...oiya satu lagi yang aku selalu suka george clooney..alamak makin tua kok makin jadi ya...hahahahahaha

Anonim mengatakan...

sayah tergila-gila dengan sandra dewi mbak.. hueheheh.. :)

Long Ai Tian mengatakan...

@ wildan kurnia : owww cuit...cuit...

Poppus mengatakan...

btw jeng, Tomy Page itu masih idup gak seeh?

Aftri Marriska mengatakan...

aku suka mas nunu jugaaa..

nca mengatakan...

haha..jadi inget masa2 smp..kalo gw tergila2nya ama tommy su..yang maen putri huan zhu...hehe...eniwei salam kenal ya..

Long Ai Tian mengatakan...

@ brokoli sehat : waduh gue nggak tau neng, udah lama loose contact soalnya....apalagi sejak eike married sama Benigno...kayaknya aa Tommy patah hati deh huahuahuahua

@ afri mariska : horeee.....hidup mas nunu!!!

@ nca : hehe sayang aku kurang mengikuti film mandarin....salam kenal juga yaaa...

Anonim mengatakan...

kak nunu sama jon bon jovi
tetep paling topp buat saya ^^

Anonim mengatakan...

Kalau sekarang pada siapa dikau tergila gila ?...hehe
Salam kenal juga.

Anonim mengatakan...

mbak, aq suka sekali bc tulisannya.. bnr2 ibu muda yg teopebegete deh!

btw kl dulu aq tergila2 sekali dgn mark feehily yg personilnya westlife sampe email pertamaku namanya ida_feehily@yahoo.com. hehehe norak abis ya...
huhuhu sayang sekali si mark lebih milih buat jd gay :(

Sigma Male mengatakan...

aku cowok mbak...

hehehehe...

ya begitulah masa2 abg dulu...


slam kenal ya...

Anonim mengatakan...

muakakakakakakkakakaka... ada juga tuh satu temen gw yang ngepens berat ama mark - westlife.
Tiap kali ditanya namanya dia selalu jawab ---> Margaretha Feehily

Anonim mengatakan...

kalo ngomongin "Halaman" Tomy jadi inget sama NKOTB neh... :-P
thx yah udah mampir

Long Ai Tian mengatakan...

@ jingga : toss dulu atuh neng...

@ iman brotoseno : kalo sekarang kok saya tergila2 sama diri sendiri ya mas?..hahahaha...makasih udah mampir mas...

@ pimbem : hahaha makasih buat pujiannya...wah kalo mark feehily ketemu saya, dia pasti nyesel udah jadi gay hahahaha

Long Ai Tian mengatakan...

@ ezza : eh hallo cowok hehehe...salam kenal juga...

@ tha : hush kok ngguyu...ngetawain gue yahhh?...

@ bangdod : ohhh dulu ngefans sama NKOTB ya?...hihi makasih juga udh dikunjungi lagi

Anonim mengatakan...

quilty pleasure? teteeeeep NKOTB.. gyahahahahaha

Anonim mengatakan...

Jaman mengidolakan arteeeeees, memang sih , sempet2 punya kebiasaan nemplokin posternya di dinding kamar, penuuuuuuuuuuuuuh banget. AXL ROSE, GNR, NKOTB, foto Bayi kecil yang menjulurkan loidah itu na yang tulisannya "no problem". Banyaik lah...cuman gilanya gw dengan mereka hanya sebatas nemplokin posternya aja, maklum jaman ABG aku adicted poster. Tapi nggak meng-elu elukan ceu....

meme story mengatakan...

gue pernah ngefans berat sama ketua osis gue di smp..kalo ketemu gue bisa keringat dingin dan nervous berat.. setelah 16 thn ngga ketemu , sekalinya kita ketemu eh... jadian.. doain deh bisa berjodoh ya,

Long Ai Tian mengatakan...

@ chic : kikikik hidup NKOTB...

@ pakde : ya masak sih pakde cintrong ama mereka?..gak mungkin lahhh, mereka kan laki!!!

Long Ai Tian mengatakan...

@ meme story : hahahahaha ih gila kok bisa sih mbak?...duhhh jodoh emang gak kemana...mudah2an jadi dehhh!!!!

Long Ai Tian mengatakan...

@ meme story : hahahahaha ih gila kok bisa sih mbak?...duhhh jodoh emang gak kemana...mudah2an jadi dehhh!!!!

Anonim mengatakan...

hauhauahauhhahaaaa... masa lalu emang lucu ya? untung gw gak pernah segila itu... hihi

Anonim mengatakan...

Hahaha lucu banget mbak..
Terakhir sie ngefans ma ariel dan giring..sampe bela belain patungan dan nguras tabungan dikit buat ikutan buka satu meja dinner bareng ma mereka.. puas bgt bisa ngobrol dan dpt ciuman ha ha
Btw skr gilanya agak berkurang coz kerjaan sie skr malah hampir tiap bulan ketemu artis..jadi gak heboh2 bgt perjuangannya..
Tapi kalo yg dtg brad pit mau mau mau..he he he..salam kenal kembali thanks udah berkunjung keblog sassie ~.~

Anonim mengatakan...

kenapa namaku kau sembunyikan ?

Anonim mengatakan...

He..he...kalau Keanu Reeves sama tuh, aku juga pernah ngefans...

Long Ai Tian mengatakan...

@ ichank : ihhh jadi kamu nuduh saya gila yahhh?!!!!

@ sassie kirana : hehehe kalo sekarang ya saya juga ogwah deh bertingkah kayak gitu, kecuali sama ehm Mr.Pitt

@ prince : karena kalau nama mu kusebut, saya takut kamu nggak enak makan nggak enak tidur hahahaha

@ Ani : tosss dulu kalo gitu neng!!!

Neng Keke mengatakan...

Mas Nunu sekarang gemuk :p

Long Ai Tian mengatakan...

@ neng keke : gak papa..I love him just the way he is bwahahahahaha

Anonim mengatakan...

Sebetulnya kalau ingat, geli juga membayangkan pernah suka sama mereka-mereka itu. Merasa diri dibohongi. Hihihi!

Tapi ada juga lah karya mereka yang tetap sedap untuk dinikmati.

Anonim mengatakan...

jadi tersenyum sendiri kalo inget dulu gimana kau ngejar-2 saya sampe di belakang panggung dg bunga di tangan..
ah, Novnov... kau tuh bisa aja... *tersipu*

Long Ai Tian mengatakan...

@ daniel mahendra : sebenernya gak di bohongin kok, cuma kita nya aja yang waktu itu masih NAIF...halahhhh

@ prince : hahahahahahahahhaa....duh gue sakit perut.....ketawa dulu ya hahahahahahahaha........jadi kamu ini fathur,axl,jon, or mas nunu?...bwahahahahahha

Anonim mengatakan...

hmmm.. dulu sih, waktu jaman gw nih.. gw sukanya power rangers, kesatria baja hitam hahaha...

suami kyk Benigno? gak percaya tuh sebelum diliatin hehe..
btw, aku udah link ke blog ku ya mba..

Anonim mengatakan...

Tommy page??
tidak... dulu juga ngefans...

Long Ai Tian mengatakan...

@ claudyanancy : lahhh di postingan yang lama kan foto om Benigno dahhh di pajang...bwahahahaha

@ itikkecil : yuk mbak kita nyanyi shoulder to cry on....

Anonim mengatakan...

TERHARU GUE...

Maap Andre, baru nyadar kalo dirimu menuliskan namaku dalam list orang2 yang diidolakan. Haduh, ini perasaan jijay2 gimanaaaa gitu, hahaha... secara kamu memujinya di blog orang lagi... ahhh, jadi pengen sisiran dehhh... *ngerogoh2 tas, nyari sisir ama penjepit bulu mata, hahaha*

Makasih ya, but actually, I'm not good enough for that Andre. Kamu penasaran aja kali makanya mensejajarkan aku dengan Fatur, Tommy page dan nikolas saputra (teteup ya bok, hahaha)

salm hangat,

Silly (masih terharu nih novi, pinjam lipstik pink ada gak, hahaha) :P

Long Ai Tian mengatakan...

@ silly : si gokil!!!! kayaknya besok blog ini perlu gue pasangin kaca ya sil, khusus buat loe deh bwahahahahaha.....
Ehhh bok, lu jangan geer dunk kalo di sejajarkan sama semua laki2 ganteng ituh...emang nya lu bencong ya bokkk?...huahahahaha....
Duh eike gak demen lipstick pink nek, merah cabe mau gak?....hahahahahaha

Anonim mengatakan...

wagh.. wahg....

kalo gweh mah asal ada ce cakep so pasti ngepens sama dia..!!!
haks..haks..haks...

ayo.. ce cakep se indonesia
aku untuk mu..!!!

eh.. mba di propilnya ada jambi..?
org jambi toh..?
ato berada di jambi skr..?

kubu dunk..... eh... sekampung dunk kitah..?

Long Ai Tian mengatakan...

@ idiots : duhhh bukan orang Jambi dwehhhh....tinggal nya doang lagi di Jambi....kamu wong Jambi tho?..

Anonim mengatakan...

saya suka sm jhon bon jovi..dari kecil sp sekarang... hehe

Long Ai Tian mengatakan...

@ kucingkeren : piis dunk ahhhh.....hahahaha

Anonim mengatakan...

Linda?
hmmm....
gmn yah, jaman awal kuliah gw emg sempet deket ama si Linda, cuma sejak die menang femina jadi jauh gitu, cm msh tmnan ko sampe skr.

ergh, jd curcol..

Long Ai Tian mengatakan...

@ woelank : hehehe ya gpp lah curcol mumpung gratis hehehehe...

Anonim mengatakan...

tetep... David Beckham.

Long Ai Tian mengatakan...

@ wishnu_ajie : lho kok jeruk makan jeruk?...hahahahahaha

Anonim mengatakan...

Ngefans sih banyak tapi ga sampe segitunya :P

Long Ai Tian mengatakan...

@ eru reed : yang namanya ngefans kan suka melakukan hal2 di luar nalar hahahahaha

Anonim mengatakan...

gak ada Rick Astley?

Anonim mengatakan...

hehe keliatannya kita seumuran deh. Org2x yg disebutin masuk semua ke jaman gue. Awalnya gue pikir lo demen ama yg bebifes. Tp stelah itu nongol nama mas nunu dan axl rose. Wah seleranya random nih berarti :)

Long Ai Tian mengatakan...

@ koko : gak ngefans sama orangnya soalnya, cuma demen sama heaven knows nya hehehe

@ tigis : ahhhh masa?..jangan suka nuduh dehhh...saya baru 19 thn kok......
eh...selera kan mengikuti perkembangan jaman......