Jumat, Agustus 29, 2008

Unhappy Marriage.....

Unhappy Marriage: Should You Stay or Leave?
By Nancy Wasson


There’s no one simple answer to the question that I’m often asked, “Should I stay in my marriage, even though I’m unhappy, or should I leave?” It’s impossible to give a “one size fits all” response because every marriage is different.


But there are some general guidelines that you can consider if you’re in this situation. Use these thirteen tips to reflect on your marriage, your energy level, your commitment, and the degree of your dissatisfaction.

1. Don’t give up prematurely. You have invested time, energy, money, hopes and dreams in your marriage. The only way many people can initiate divorce without feeling unduly guilty is to know that they have tried everything they possibly could to make the marriage better. It just makes good sense to focus on how you can improve the relationship you’re in now.


2. Consider your children and how a divorce could impact them. Divorce is never easy. Preschool children and kids who are still in school will be affected in ways grown children are not, such as possible changes in schools if a parent moves, a parent possibly having to work two jobs to make it financially, the loss of daily contact with both parents, etc.

3. If your spouse has an addiction or is abusive, utilize all resources and support groups that offer help. For example, If your spouse is an alcoholic, join Al-Anon, which provides support for family members, and get your teenage children involved in Alateen so they can get the support they need to deal with the home situation. Of course, a top priority is keeping your children safe, so do not keep them in any situation that is dangerous for them.

4. Focus on how you can change yourself to be a better partner instead of how you want to “fix” your spouse. When you work on improving yourself and changing non-productive habits and approaches, then your spouse will have to relate to you differently. You may have gotten in a habitual mode of pushing each other’s buttons in the same way and always eliciting the same response. But if you change your normal response, then the interaction between the two of you will change.


5. Have on-going support from a counselor who knows your issues and what you are going through. This will give you the help and encouragement you need to keep trying new things and experimenting with new approaches.

6. Encourage your spouse to consider marriage counseling. If finances are a problem, call your local Chamber of Commerce or the mayor’s office and ask which agencies in your community offer sliding scale fees based on income. Also, some churches offer counseling services, and some ministers provide counseling. Don’t automatically assume that you can’t afford counseling.

7. Examine whether or not you are depending too much on your spouse to meet your needs or “make you happy.” No one else can make you happy; it’s an inside job. And no one person can meet all the needs of another. That’s why you need friends, hobbies, and outside activities. Expand your world and see if this takes some of the pressure off of your marriage.

8. Keep a gratitude journal each day, listing all of the things you are thankful for in your life. Each day, try to find five or six new things to list that you haven’t written down before. During the day, notice what happens that’s a blessing: the friendly sales clerk who efficiently handles your refund with a smile, the parking space that suddenly opens up just when you need it, or an unexpected compliment from a co-worker.

9. Make a list of your spouse’s positive qualities and contributions to your marriage, including things he or she has done that you appreciate. Read over this list every morning and every evening, anchoring these good points in your mind. At some point, share your list with your spouse.

10. Make a consistent effort to be positive and encouraging. Sandwich any criticism or request for a change in behavior between two compliments. For example, “You’re always so responsible about mowing the yard each weekend. Could you also sweep the grass clippings off the sidewalk? Thanks for all you do to help keep the yard looking so good.”

11. Work on keeping your heart open in love to your spouse. It’s easy to close down emotionally when you’re angry or hurt. Visualize beams of love or golden light radiating out from your heart to your spouse’s heart. You can dislike the behavior but still love the person. When you send the energy of judgment and criticism to another, the response will be very different than when you send the energy of unconditional love.

12. Try writing your thoughts, feelings, and requests in a letter to your spouse. There are many spouses who have responded positively to a letter who have been notorious for tuning out the spouse’s verbal pleas for years. It’s a different medium of communication, and it often commands more attention.

13. When you have given your marriage your best efforts for at least a year and nothing has changed, then ask yourself the famous Ann Landers question, “Are you better off with him (or her) or without him?” Life is too short to stay stuck in a miserable marriage for years if you are the only one who wants your relationship to be different. Even at this point, though, sometimes the shock of having a spouse initiate a legal separation makes the other partner finally realize the seriousness of the situation and agree to work on the marriage.

Nancy J. Wasson, Ph.D., is co-author of Keep Your Marriage: What to Do When Your Spouse Says "I don't love you anymore!" This is available at http://www.keepyourmarriage.com/, where you can also sign up for the free weekly Keep Your Marriage Internet Magazine to get ideas and support for improving your marriage.


Nahhh giliran saya untuk ngember selaku perempuan yang sudah merasakan asam garamnya pernikahan (walaupun baru 7 thn siy...)...haha, buat yang belum kawin gapapa kan saya sharing ginian,itung2 buat nambah2 pengetahuan bab pernikahan hehe....

Pernikahan itu nyatanya nggak seindah di film-film, nggak seindah warna aslinya deh........banyak hal2 yang tidak kita ketahui sebelumnya mengenai pasangan yang baru terbuka setelah kita hidup seatap dengannya...beneran lho kalo udah married tuh masalah sepele seperti kebiasaan mencet odol dari tengah,ngorok,males mandi,dll aja bisa jadi perkara besar.......dan disinilah diperlukan "kompromi" dari kedua belah pihak, karena kita tidak bisa merubah perilaku seseorang, yang kita bisa hanyalah berusaha menerima kekurangan pasangan dan berusaha memperbaiki diri kita sendiri, karena kesempurnaan hanyalah milik Allah semata.......

Kalau kita sabar insyaalah pernikahan kita akan langgeng, tapi jika tidak bisa berkompromi dengan keadaan....ya semuanya akan hancur di tengah jalan.Nggak ada pernikahan yang sempurna, seperti saya pribadi pun selama 7 thn menikah banyak mendapat cobaan dan permasalahan, tapi saya yakin jika saya bisa menghadapi cobaan2 di awal2 masa pernikahan saya maka ke depannya Insyaallah saya akan lebih kuat dan lebih bijaksana dalam menghadapi permasalahan yang (mungkin) akan semakin berat...dan pastinya I don't want to be a looser!!!! Enak aja, masa susahnya sama gue trus karena gue nggak kuat mental ntar senengnya sama orang lain!!!! hahahahahaha

Semoga bermanfaat dan menjadi pertimbangan dalam menentukan langkah anda selanjutnya........

25 komentar:

Brokoli sehat mengatakan...

Bener banget jeng. Kudu kuat mentall. Gw belum nikah sih, tapi pas kemaren ke rumah laki gw, ketauan deh kebiasaan-kebiasaannya walaupun dikit hihihihihi, dan dia juga jadi tau kebiasaan-kebiasaan gw. Apalagi udah nikah ya boo, mau mundur ya jelas gak bisa lah. Mau gak mau ya berkompromi. Apalagi kalo udah ada anak-anak ya bo?

Long Ai Tian mengatakan...

@ brokoli sehat : nah bener kan?..kalo gitu mulai sekarang mesti terbiasa tuh dengan kebiasaan2 cowok loe biar gak shock lagi nantinya..karena kalo udah kadung kawin, sejelek apapun kelakuannya dia tetep suami loe dan loe gak bisa or sulit untuk mundur lagi....OK non ?!!!!

Edi Psw mengatakan...

Berarti kalau ingin langgeng, harus selalu sabar ya?

Long Ai Tian mengatakan...

@ edi psw : ya itu hanya salah satu kunci nya aja...banyak yang lainnya kayak pengertian,komunikasi,dll.

Prince mengatakan...

7. Examine whether or not you are depending too much on your spouse to meet your needs or “make you happy.” No one else can make you happy; it’s an inside job. And no one person can meet all the needs of another. That’s why you need friends, hobbies, and outside activities. Expand your world and see if there is opportunity to find boy/girlfriends to little bit spicy up your marriage, this takes some of the pressure off of your marriage.
*headache*

rere mengatakan...

Memang kalau istri itu dapet pangkat juga, kamu tuh harus dapet KPLB Nov... hahahaha

noer mengatakan...

YUP!!! Aku juga baru MENJALANI pernikahan 6 tahun kok, BENER BANGET... pernikahan mah gak SEINDAH di sinetron/film, pasti ada lika likunya. Tinggal gimana kita dan PASANGAN menghadapi semua itu, NGOMEL2 di rumah... adalah hal yang WAJAR, kalo smua tenang-tenang aja, malahan bukan rumah tangga kallleeee... :P

Terasa banget, KUNCI smua permasalahan adalah KOMUNIKASI dan SALING PENGERTIAN... tentu aja kemabli pada AJARAN agama kita, insya Allah smuanya bisa TERSELESEIKAN :D

Cherrrssssss

Amma mengatakan...

katanya..lima tahun awal pernikahan adalah masa-masa yang rawan..tapi setelah itu jika mampu mempertahankan semua akan timbul banyak pengertian..betul ga ya?/ maklum..masih single :D..kekekeke

Long Ai Tian mengatakan...

@ prince : minum obat gih.....hahahaha

@ rere : KPLB bang?..hahahaha buat usulan gih biar bukan laki aja yg dapet KPLB....hahahaha

@ noer : yah begitulah pernikahan mbak...milih pasangan kan ibarat milih kucing dalam karung...sukur2 kalo dapet yang ok..kalo dapet yg gak OK?!! Apa harus mundur dan menyerah sama keadaan?..minimal usaha dulu semaksimal mungkin...kalo udah usaha tapi gak bisa.....ya itu terserah masing2 orang...ya nggak?...

@ amma : yup betul banget....tapi sebenernya bukan 5 thn pertama aja kok, karena sebetulnya sepanjang umur pernikahan kita itu isinya adalah penyesuaian...penyesuaian dan penyesuaian.....karena 2 kepala isinya nggak pernah sama kan?....

chantee mengatakan...

emang sey..kebahagiaan itu kita sendiri yg menciptakan, jadi kita yg harus pintar2 membuat suasana hati kita selalu bahagia..kalo pas lagi sebel sama suami, diinget aja yg baik2nya,toh suami jg sdh berbesar hati mau menerima kekuarangan kita khan?..dan 1 yg paling penting, sikap suami ke kita itu very depend on sikap kita ke suami..percaya dech dan buktikan sendiri..cmiiww...

mylif3journey mengatakan...

sabar, komunikasi, buka-bukaan "halah" sok tau yah

Long Ai Tian mengatakan...

@ chantee : bener banget tuh....emang kebahagiaan bukan dateng dari langit..we have to create it.....jadi pilih mo merana or mo bahagia ya gimana kita nya aja yang mau menjalaninya.....

Long Ai Tian mengatakan...

@ mylif3journey : kayaknya siy yg terpenting ya buka2an deh hahahahaha...
*perempuan ngeressss*

spot mengatakan...

dalam pernikahan, rasanya tak ada yang selalu bahagia atau senantiasa menderita.umumnya keadaan itu silih berganti, walau memang yang satu mungkin lebih kerap dari yang lain... :D

quit dari sebuah unhappy marriage, apa ada jaminan nemu another marriage yang better. lha kalo malah worse ato worst, pegimana dong?

mencintai itu satu hal, tetapi menikah itu sungguh hal lain, yang jauh lebih kompleks.

jadi inget nasihat bokap yg rasanya sangat rasional.

"Ga bener kalo menikah itu pasti lebih enak. Tapi itu tahapan kehidupan, yang sebaiknya kita lewati".

Iya sih. Dengan diri sendiri aja kita ga selalu akur. Konon lagi harus berbagi hidup dengan seseorang yang benar-benar "asing".

Wuih, panjangnya... :-D Mudah2an tidak panjang yang membosankan, seperti pernikahan yang ngga membahagiakan itu.

Long Ai Tian mengatakan...

@ spot : yup bener banget yang situ bilang...dan lagi2 KOMPROMI yang diperlukan disini kan?....

Gildo mengatakan...

Saya travel 13.000 km.(dari Barcelona ke Jakarta) untuk cari my Santy yang tercinta.
Beliau, is manis, cantik, rajin, dan aku tidak bisa hidup tanpa dia (saya pikir).
Kita sudah 30 tahun menikah,dan kita lebih cinta sekarang dari pada waktu kita baru merried(tahun 1978).
Sampai sekarang kita begitu, tidak tahu besok bagaimana.
Rahasia? cuma salin menghormati.
Salam from Barcelona

Long Ai Tian mengatakan...

@ Gildo : wuihhh kajar daku kau kutangkap ya hahaha, beruntungnya ih jadi Tante Santy.....memang seiring waktu cinta itu bakal lebih kuat ya om....dan emang saling menghormati adalah salah satu kunci dalam sebuah hubungan...makasih om udah sharing disini....

Rani! mengatakan...

*manggut2*
iya, kalo liat yg nikah muda, ibu suka bilang, "yang namanya nikah itu ga gampang..."

natazya mengatakan...

aaahhh iyah yah... saya tau pasti kalo nanti setelah nikah emang ga akan semudah dan seindah keliatannya tapi aslinya sama sekali ga memudarkan keinginan buat cepat cepat nikah sama sekali :D

dan bener!!! enak aja yah susahnya ama kita eh senengnya ama orang.. huhuhu my lil man sud know that!!! ;)

Hanafi mengatakan...

membaca tulisan ini membuat teringat akan saya yang kehilangan cinta pertama saya yang sampai saat ini rasa itu tak berubah sedikitpun..

dia tlah menikah

Long Ai Tian mengatakan...

@ rani! : yup...makanya dengerin deh nasehat ortu hehe

@ natazya : yaialah nggak boleh takut,nikah kan ibadah..tul gak?...

@ hanafi : ouch first luv never die niy critanya?..hahahaha

dwi willimann-krisnan mengatakan...

aihhh.. ngomongin ttg pernikahan jadi inget swami gue --- *senyum senyum sendiri sambil ngelirik dia*

nikah itu ternyata menyenangkan. setujuuu ma om gildo. kita nggak tau hari esok bakal gimana, yang penting jalanin yang sekarang, nikmati berdua (dasarnya udah cinta ini khan), saling menjaga dan merawat apa yang sudah ada.

yuuukk nikah yukkkk :P

Long Ai Tian mengatakan...

@ dwi : setujuh....yukkk nikah (lagi) yukkk wi hahahahahahaha

ariefdj mengatakan...

..saling menghargai dan respek satu sama lain, adalah salah satu 'kunci' penting yang gak boleh hilang dalam suatu ikatan pernikahan..

Long Ai Tian mengatakan...

@ ariefdj : yup bener mas, intinya memang harus 2 pihak yg berusaha kok,karena semua akan percuma kalo cuma salah satu aja yang berusaha tanpa disukung pihak lainnya kalo diibaratkan bangunan,ya kalo fondasinya timpang bangunannya juga bakalan miring or malah roboh...