Rabu, Juli 30, 2008

Sengsara membawa nikmat

Libur yang cuma sehari kemarin (Isra Miraj) saya manfaatin buat jalan2 sama keluarga, maksud hati sih pengen maen ke Pekanbaru tapi apadaya ditengah jalan rencana berubah. Gara2 nggak bawa driver cadangan, suami saya sebagai the only driver menyerah kalah pada usia hahahaha,alasan dia sih lagi nggak fit, padahal mah bilang aja hampir uzur gitu hahahahaha....

Rencana ke Pekanbaru gagal,soalnya pas sampe Pangkalan Kerinci suami saya bener2 udah nggak kuat melek lagi,jadi daripada2 ya mendingan2,alias daripada terjadi apa2 akhirnya kami memutuskan untuk balik kanan dan mampir ke desa Suban, kebetulan ada temen saya dari UNJA (Universitas Jambi) yang sedang melaksanakan KKN di desa Suban dan saya memutuskan bermalam di posko teman yang sedang KKN itu.

Disinilah petualangan saya dimulai.....

Selama di 4 thn di Jambi, saya hanya pernah mengunjungi kab.Sarolangun dan Kuala Tungkal (kab. Tanjung jabung barat) jadi saya belum tau gimana situasi daerah2 lain diluar kota Jambi, nah di desa Suban inilah saya merasakan kehidupan yang jauh banget berbeda dengan kehidupan saya di Jakarta bahkan cukup jauh bila dibandingkan dengan kota Jambi.

Di Suban, listrik hanya dinyalakan dari jam 6 sore sampai jam 6 pagi....ampun deh kebayang kan gimana manyunnya saya seharian tanpa listrik dan perangkat elektronik? no internet,signal telpon yang on off,nggak ada kulkas huhuhuhu.....Pasar hanya ada satu kali dalam seminggu dan hanya ada setiap hari Rabu,jadi kebayang kan kalo mau belanja mesti nunggu sampai tiba hari pasaran dan berhubung sayur mayur serta lauk pauk dibawa oleh para penjual dari Pekanbaru yang jaraknya kira2 5 jam perjalanan dari Suban maka ketika tiba di Suban sayur mayur dan lauk pauknya udah LETOY alias gak fresh lagi.......
Di luar hari pasaran, hanya ada 2 penjual sayur keliling yang dagangannya juga terkesan seadanya dan harganya pun mahal, ya tapi mau nggak mau lah, masa mesti nunggu hari Rabu baru masak sih?...hahahaha,kalo ada listrik sih masih mending, bisa belanja untuk seminggu dan disimpan di kulkas, nah ini gimana mo nyimpen wong listrik aja di jatah?......

Oh iya, saya juga mesti naik mobil lumayan jauh buat mendapatkan semangkok bakso dan sebungkus sate ayam hahahaha, dan penjualnya lagi2 CUMA ada 1 orang!!! ampyuuuuuun.....dasar saya tipe orang yang demen jajan akhirnya walaupun jauh ya saya jabanin deh demi bakso impian yang untungnya UENAKKK tenan......

Yang bikin saya bener2 bete selama di Suban tuh karena di Posko tempat temen saya KKN itu susah air, bayangin aja udah air sekarat eh saya masih harus berbagi dengan 18 orang mahasiswa/i yang tinggal disitu, jadi silahkan aja bayangin sendiri gimana sengsaranya saya selama tinggal di sana hehehe....
Itu belum seberapa ya, ini yang paling parah : kloset nya susah sekali untuk di flush!!!! Saya mesti nunggu setengah jam baru deh tuh kloset bisa bener2 bersih dari "limbah" yang udah saya buang hahahahahahaha , setengah jam cuma buat nungguin begituan, soalnya nggak enak ati sendiri kalo nggak ditungguin sampe bersih, masa orang yg mau pake kloset sesudah saya mesti lihat limbah saya sih?...hahahahaha

Oh iya, dikarenakan keterbatasan air akhirnya saya terpaksa mandi di kali. Gila banget deh, saya mandi di kali cuma pake kemben dan dari atas jembatan di tontonin sama cowok2 gitu hahahahahaha.Asli saya mati gaya banget deh,biarpun dongkol setengah mampus ya saya tetep harus ikut aturan main daripada badan lengket gak karuan.....
Saya berasa kayak bidadari yang lagi mandi trus diintip sama Jaka Tarub hahahahaha, untung handuk saya nggak ada yang nyolong, kalo sempet ada yang nyolong kan saya jadi nggak bisa pulang ke Jambi hahahahahaha (dasar otak sinetron!!!)
Sebenernya bukan cuma mandi aja yang mesti dilakukan di kali, nyuci baju,bahkan buang air besar pun sebenernya harus di kali, tapi asli saya nggak tega (baca:gak bisa) kalo harus pup di kali plus ditontonin orang pula hahahaha

Asli deh semalam di desa Suban aja saya udah dapet pengalaman yang luar biasa banget, yah kalo saya bilang sih sengsara membawa nikmat. Soalnya ditengah segala keterbatasannya, banyak sekali hal positif yang saya lihat dari penduduk desa ini.Rasa kekeluargaannya amat kuat,orang2nya ramah,apalagi sama pendatang yang kayak turis kesasar macam saya hahahahaha.Trus yang bikin saya seneng banget, begitu Adzan Maghrib anak2 kecil pada lari2an buat sholat berjamaah di Masjid..... ih pemandangan yang langka ditemui di kota besar kan?......

Yah tapi biarpun saya amat menikmati liburan singkat saya kemarin, tetep aja saya ogah kalo disuruh tinggal disana selamanya hahahahahaha.....

13 komentar:

Bagus K D mengatakan...

laen kali kalo mandi di kali lagi bilang2 dulu ya mba biar saya bisa gabung ama yg di atas jembatan ha3 (keinget KKN waktu SMA :p)

Long Ai Tian mengatakan...

@ bagus kd : eh bagus nakal ya....timpuk nih pake jengkol!!!!! hahhahahaha, btw kemane aje loe nggak prnh kliatan ?....

Brokoli sehat mengatakan...

Mba, kadang-kadang aku pengen loo nyoba seminggu aja tanpa hp dan komputer. Waktu itu pernah nyoba seminggu tanpa hp (gara-gara hp rusak heheh) ternyata bisa loo, yang marah-marah justru orang yang mau ngehubungin aku. Nanti mau nyobain seminggu tanpa komputer

marshmallow mengatakan...

kali karena cuman sehari tuh, nov. jadi berasa gak betah.
coba agak lamaan.
sana gih, balik!

*ditimpuk limbah*

dekry mengatakan...

Sampai pangkalan kerinci terus balik lagi?????
Itukan sudah deket!! gimana seh (koq jadi marah gini).
Tinggal satu jam lagi dari pangkalan kerinci mah atuh! (marah agak mereda) . Pake darat memang menyenangkan ya...bisa tengok kiri kanan...ya..meskipun pemandangannya hanya hutan belantara. glek!

Long Ai Tian mengatakan...

@brokoli sehat : kalo cuma seminggu sih kayaknya masih ok deh,tapi lebih dari itu aduh kacau,berantakan dunks nanti bisnis eike, tsah kayak yang bisnis apaan aja hehehehehe

@marshmallow : hahahahaha, kadang2 emang enak kok keluar dari rutinitas, asli deh pulang2 pikiran jadi fresh lagi,tapi ya kalo kelamaan sih begah juga.....
Nimpuk pake limbah?..gak lah,saya mah orangnya baik hati dan tidak sombong hahahahahahha

@dekry : saya juga pengennya lanjut,tapi gimana dunks bukan saya yang jadi supir kan?....daripada diturunin di kebun sawit ya mendingan nurut apa kata supir hehehe.Btw udh prnh ya jln ke PKU lwt darat?kok hafal siy?....

Anonim mengatakan...

Salam kenal juga... lumayan juga ceritanya membuat tersenyum2...KKN...di daerah byar pet...susah air...ada bakso...nyam :D
doel

poppy mengatakan...

@ Bagus KD: Heh nakal ya! bisa2nya mau ngintip Mba Novi....Ni GUE blum pernah Lu intip pas mandi :( hahahahaha ;p

Mba Novi ni ada2 aja...wong liburan kok k tempat anak KKN. Baca cerita ini inget KKN ku dulu...jd nostagila ne...kapan2 kutulis juga ahh.

Long Ai Tian mengatakan...

@anonim : wah senangnya kalo bisa bikin orang lain tersenyum....:-)

@poppy : hajar pop...hajarrrr.....mulai kegatelan tuh huahahahahaha
Liburan nyari yg murah meriah ya begitu deh jadinya pop hehehehe

nita mengatakan...

jadi ingat kalo pulkam, sulit MCK, listrik dan air...ganti suasana yg selama ini selalu nyaman:)

SEXY NERD DINC'S mengatakan...

sumpaah yaa kaa.. aku ga kebayang kalo aku di posisi kakak. bisa-bisa aku manyun seharian deh. lol.

salam kenal ya kaa...

bagus mengatakan...

abis mantengin kiriman durennya ko ga nyampe2 ya mba :p dah 2 hari ku tunggu di depan rumah ga dateng2 ha3

wah mba Novi provokator nih...bisa beneran di gencet nih mba :p ampun ndut..kan cm niat doang ngga beneran :D

Long Ai Tian mengatakan...

@nita : emang sekali2 perlu keluar dari our "comfort zone" ya hehehehe

@sexy nerd dinc's : jangan dibayangin atuh neng...dicobain hahahaha...salam kenal juga yach

@bagus : salahin TIKI deh,knp g mau kirim duren?!!!!

Ayo pop hajarrrr pop........