Selasa, Juli 01, 2008

SHANGHAI


Salah satu kota favorit yang pernah saya kunjungi selama saya kuliah di negeri cina adalah Shanghai......

Menurut saya Shanghai adalah kota yang amat eksotis,perpaduan budaya timur dan barat terlihat jelas di kota ini, arsitektur tradisional cina berpadu sempurna dengan gedung2 bergaya eropa....sumpah fantastis bangetttt!!!!

Shanghai dapat di tempuh sekitar 12 jam perjalanan dari Beijing dengan menggunakan kereta api, kira2 sama dengan jarak Jakarta-Yogya. Sebenarnya ada juga penerbangan Beijing-Shanghai tapi maklum karena waktu itu status saya anak kuliahan jadi jalan2nya disesuaikan dengan budget saya hehehe.....

Saya benar2 dibuat terkagum2 selama berada di kota ini, apalagi ketika saya berkunjung ke daerah Pudong dimana terdapat menara TV Shanghai, wahhh saya sampe melongo saking kagumnya, ihhh norak ya, biarin deh maklum baru pertama kali ke Luar negeri hahahaha.....

Saya sempat menelusuri Huangpu River dengan menggunakan kapal, dari Huangpu river saya menikmati pemandangan gedung2 bergaya eropa kuno, dan di seberangnya saya menikmati pemandangan gedung2 pencakar langit di daerah Pudong, wuihhh keren banget,romantisss serasa di Eropa deh gak ada bau2 cina-nya hahaha.......

Tapi satu hal yang amat sangat berkesan buat saya selama di Shanghai yaitu ketika saya menemukan toilet yang super bersihhh, asal tau aja di Beijing susah banget nemuin toilet bersih, bahkan pernah seorang teman saya yg orang amrik ngomel2 ketika dia keluar dari toilet, dia bilang gini "should I have to pay 5 cent for seeing this shit?" hahahaha, jangan kaget ya kalo jalan2 ke cina, sebisa mungkin tahan deh panggilan alam anda daripada kesel sendiri.......

Makanya sumpah mati saya kaget waktu di Shanghai saya melihat toilet umum yg mewah banget, saya sampai foto2 di depan tuh toilet saking takjubnya hahaha....

Sayang jaman itu blm trend era kamera digital or hp berkamera jadi saya gak bisa upload foto si toilet itu ke blog say hehehe....sorry

Saya janji, someday gak tau kapan saya harus balik ke kota ini.....dengan suami dan anak2 saya pastinya...................hmmmmmm

Tidak ada komentar: